4 Cara Menentukan Target Pasar Mudah dan Efektif!

|

5 Views
4 Cara Menentukan Target Pasar Mudah dan Efektif!

Menentukan target pasar jadi faktor penting salah satu keberhasilan bisnis kamu. Dengan melakukan riset pasar dahulu, kamu bisa dengan mudah menjalankan bisnis yang tepat dengan target pasar.

Gak sesulit yang dibayangkan. Ini dia cara menentukan target pasar yang mudah dan efektif buat bisnis kamu. Simak artikelnya sampai beres biar kamu paham!

Apa Itu Target Pasar

Kamu pernah gak liat produk yang menarik perhatian kamu padahal produknya gak lagi kamu butuhin? atau sebaliknya, kamu lagi nyari produk tertentu yang kamu butuhin tapi susah banget ditemuin? Permasalahan ini bisa jadi karena perusahaan yang gak tepat nentuin target pasarnya.

Target pasar adalah kelompok orang yang memiliki karakteristik minat serupa yang memiliki potensi tertarik dan membeli produk yang ditawarkan. Mereka memiliki karakteristik khusus bisa dari usia, tempat asal, jenis kelamin sampai minat untuk ditargetkan menjadi calon pelanggan yang potensial.

Cara Menentukan Target Pasar

Ada beberapa cara mudah dan efektif buat dapetin target pasar yang tepat. Bisnismu bakal mudah berkembang dan tepat sasaran kalo kamu lakuin tips di bawah ini:

1. Buat Audiens Persona

Cara menentukan target pasar yang pertama adalah dengan membuat audiens persona untuk produk kamu. Kamu bisa membayangkan bagaimana audien yang ideal. Siapa dia, bagaimana permasalahannya dan apa yang dia butuhkan?

Dengan membuat audiens personal kamu bisa lebih spesifik menargetkan produk kamu ke calon pelanggan lebih tepat sasaran. Sasar mereka dengan menjadikan produkmu solusi bagi permasalahan yang lagi audiensmu hadapi.

2. Lakukan Riset Pasar

Berbeda dengan audiens persona, riset pasar itu bisa kamu lakukan dengan menentukan beberapa data dari audiensmu. Beberapa data yang bisa kamu kumpulkan contohnya:

  • Demografi: Jenis Kelamin, Usia, Pekerjaan, Pendidikan dll
  • Psikografi: Gaya Hidup, Minat, Hobi, Kepribadian, dll
  • Perilaku: Kebiasan Berbelanja, Preferensi Merek, Saluran Media, dll

3. Analisis Kompetitor

Cara menentukan riset pasar yang ketiga adalah dengan menganalisis kompetitor brand kamu. Liat gimana mereka mengemas brand image dan strategi yang digunain.

Kamu bisa membandingkan 3-4 kompetitor sejenis lalu cari celah bisa berupa value apa yang gak ada di brand kompetitor. Kamu harus cari minimal satu hal unik yang bedain kamu sama produk kompetitor.

4. Gunakan Data yang Ada

Manfaatkan data-data penting yang sudah tersedia baik di internet atau data pasar hasil survey sebelumnya. Kamu bisa mengumpulkan dan menganalisis apa aja yang jadi faktor keberhasilan penjualan.

Gunakan data yang ada seperti hasil analisis trend pemasaran, data perilaku konsumen sampai data produk paling populer yang digunakan pelanggan.  Data ini bisa membantumu mengidentifikasi pola dan tren yang berguna untuk menentukan target pasar.

Baca Juga: Anti Boncos! 10 Tips Memilih Aplikasi Bisnis

Tantangan Riset Pasar

Pada kenyataannya, gak semua permasalahan bakal berjalan mulus. Kamu juga harus siap hadapi tantangan yang ada, termasuk juga tantangan riset pasar. Nah, berikut beberapa tantangan yang bakal kamu temuin:

1. Terlalu Banyak Segmen Pasar

Banyaknya segmen pasar yang ada bakal bikin kamu kesulitan buat nentuin mana segmen yang paling tepat. Untuk mengatasi ini kamu bisa coba petakan terlebih dahulu mana segmen konsumen yang paling relevan dan memiliki potensi penjualan yang tinggi. Gunakan juga tools analisis buat mudahin kamu mengidentifikasi pola dan trend konsumen.

2. Perubahan Perilaku Konsumen

Seiring berkembangnya jaman dan kemajuan teknologi, menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang terus menerus berganti. Fenomena ini bakal membuat kamu kesusahan untuk memperoleh data yang relevan.

Cara untuk mengantisipasinya adalah dengan sering melakukan riset pasar secara berkala. Ikuti juga perkembangan trend yang terjadi di konsumen. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial buat mengamati perilaku konsumen secara real-time.

3. Kurangnya Data

Pada bisnis baru, kurangnya data yang didapatkan bukan masalah yang asing lagi. Terbatasnya data yang tersedia ini bisa menghambat proses pengambilan keputusan dari bisnis kamu.

Salah satu cara mengatasi tantangan ini adalah coba untuk melakukan survey atau eksperimen kecil-kecilan buat dapetin data primer dari konsumen. Kamu juga bisa gunain data sekunder yang relevan dari data pemerintah maupun laporan industri.

Menentukan target pasar adalah langkah paling penting buat bangun bisnis yang sukses. Dengan memahami siapa target pasarmu, kamu bisa membuat produk atau jasa yang relevan sesuai kebutuhan konsumen. Kamu juga menyampaikan pesan yang tepat, dan bisa cepat untuk mencapai tujuan bisnismu.

Ingat, target pasar yang tepat adalah kunci keberhasilan bisnismu!

Avatar Hilyah Fitri Andriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *