5 Cara Jadi Content Creator TikTok, Rahasia Cuan Selangit!

|

4 Views
5 Cara Jadi Content Creator TikTok, Rahasia Cuan Selangit!

Belakangan ini, pasti kamu pernah denger banyak orang yang dapetin duit hasil dari sawer gift di TikTok. Kok bisa ya? Bahkan satu gift bisa bernilai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Mau kaya gitu juga?

Titok menjadi platform berbagi video yang lagi naik daun beberapa tahun belakang ini. Nah buat kamu yang mau juga jadi Content Creator di TikTok yang bisa sampai ngasilin duit banyak, simak penjelasan rahasia cara  jadi Content Creator Tiktok berikut ini.

Rahasia Penghasilan Selangit Dari Tiktok

Sebelum masuk ke pembahasan tips sukses ngonten, kita jelasin dulu nih, apa sih rahasia yang bikin para Content Creator raup banyak penghasilan selangit cuma modal ngonten di TikTok.

1. Pengguna dari Semua Kalangan

Pernah liat ibu-ibu asik main TikTok buat posting video dia pas healing bareng temen-temennya? atau liat anak kecil scroll-scroll video lucu? atau bahkan kamu sendiri yang suka cari konten edukasi atas permasalah kamu di TikTok?

Kalo liat realita di atas, udah cukup menjelaskan kalo TikTok ini platform segala umat dengan isi konten yang berbeda-beda sesuai target audiens si Creatornya.

Nah, TikTok juga jadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak loh. Jadi gak perlu diraguin lagi, kalo peluang kamu untuk berkarya pake media ini terbuka lebar. Gak usah takut sepi karena penggunanya banyak, tinggal kamu terapin beberapa tips ngonten yang bakal dibahas di bawah ini.

2. Jangkauan Luas

Jangkauan media sosial gak usah diraguin lagi, kamu ngonten dari Cimanggis bisa dilihat juga sama orang Inggris. Yap, bisa menjangkau seluruh belahan dunia, gak cuma di Indonesia aja ya. 

Dengan kecanggihan teknologi, semua serba gampang. Hal ini juga berguna banget buat para Content Creator yang mau nargetin kontennya ke mancanegara. Misal kamu mau buat niche konten dengan topik belajar bahasa Indonesia untuk orang asing. Nah kamu bisa lakuin itu dengan posting video dari rumah tanpa harus pergi ke luar negeri buat jangkau bule-bule.

3. Potensi Penghasilan Tinggi

Banyak banget cara monetisasi akun TikTokmu buat dapetin cuan. Ini nih rahahasianya kenapa bisa sampe jadi kaya cuma modal ngonten doang. Jadi di TikTok itu, ada beragam fitur menarik yang berguna buat penggunanya, salah satunya gift saat live.

Selain itu, kamu juga bisa sambil jualan produk kamu sendiri atau jadi Affiliate Marketing buat dapat komisi dari produk orang lain yang berhasil kamu jual. Kalo kamu udah banyak followers dan tertarik jadi Influencer, keuntungan tinggi juga bisa kamu dapetin dari endorsement brand yang ngajak kamu kerjasama buat promosiin produk mereka. Dan asal kamu tau, biaya sekali endorse itu lumayan loh, bisa setara juga sama gaji sebulan fresh graduate.

4. Peluang Branding dan Jadi Terkenal

Kalo kamu pinter liat peluang buat jadi viral, manfaatin peluang itu lewat ngonten di TikTok. Gak sedikit ko, seleb-seleb yang terkenal berawal dari TikTok. Kamu juga berpotensi banget jadi terkenal kaya mereka.

Tapi harus ingat, pastikan kontenmu bermanfaat dan gak mengandung unsur-unsur negatif ya, karena hasil dari kontenmu itu bisa mempengaruhi audiens yang menontonnya. Jadi perhatikan kontenmu tidak mengajak kebencian, memfitnah atau bersifat melanggar hukum.

5 Cara Jadi Content Creator Tiktok

Kalo kamu udah tau, apa sih rahasianya ko bisa dengan ngonten di TikTok bisa menguntungkan kaya gitu. Kamu juga udah mulai tertarik kan pengen juga jadi Creator di TikTok. Nih simak cara jadi Content Creator Tiktok dengan mudah:

1. Fokus Pada Niche Sesuai Passion Kamu

Pasti kamu punya satu passion yang melekat di diri kamu kan? dengan fokus pada niche yang udah jadi identitas kamu, ini bakal mudahin kamu fokus ngonten dan ngembangin ide tiap produksinya.

Lebih baik, kamu fokus pada satu niche yang kamu kelola dengan konsisten dan bagus. Kalo kamu udah terbiasa dan nguasain satu topik itu, kamu bakal lebih mudah buat terus produksi konten baru setiap saat. Audiensmu juga bakal lebih tertarget dengan minat yang serupa denganmu.

Supaya kontenmu tetep up-to-date, jangan malas untuk mengikuti trend yang lagi viral, pokoknya ikutin alogritma minat dan trend di TikTok, karena audiens itu suka sama yang baru-baru dan lagi trending.

2. Produksi Konten-Konten yang Menarik

Manjain audiens kamu dengan konten yang menarik ya, bukan hanya mentingin kuantitas aja. Kamu juga harus perhatiin konten tersajikan dengan kualitas bagus, supaya audiensmu tetep setia dan bahkan bisa narik followers baru loh.

Lakuin hal penting yang harus ada di videomu, kaya jangan lupa gunain sound yang mendukung, teks yang mudah dibaca, lighting video atau efek, dan caption yang relevan dengan isi kontenmu. Pastiin kamu pake hook yang bikin orang penasaran dari awal sama videomu dan mau nonton sampe selesai.

3. Harus Konsisten

Buat kamu yang moody-an, coba kurangin dulu kalo mau jadi Content Creator. Jangan juga cuma karena ikut-ikutan temen. Gaya pengen terlihat keren posting di awal aja cuma buat narik perhatian sekitar.

Jadi Content Creator itu harus penuh kesabaran, bangun dari awal nentuin niche, bangun audiens setia, engagement dan konsistensi dalam produksi konten. Dengan kamu konsisten, ini bakal bikin kamu terbiasa buat terus ngonten. 

Kalo di awal-awal kamu cuma bisa ngonten 2 kali seminggu, coba terus lakuin, sampai kamu bisa ngasilin konten tiap hari, bahkan sampai kamu bisa buat beberapa konten dalam sehari. Tapi harus diingat juga, kualitas konten harus kamu jaga disamping kuantitasnya.

4. Jalin Interaksi dengan Audiens

Kamu harus berterima kasih sama audiensmu yang udah setia jadi penonton konten-kontenmu. Buat mereka merasa dihargai kehadirannya. Bangun interaksi kaya menyapa mereka saat live, balas komentar, mention mereka atau sesekali kamu kasih hadiah buat beberapa followers setiamu.

Sikap kamu yang loyal bakal jadi brand image yang positif di mata audiens. Biasanya mereka juga bakal balik bersikap loyal dengan menshare link kontenmu ke media sosial mereka, bantu promosiin produkmu dan ikut memberi komentar yang positif di postinganmu.

5. Aktif Promosi dan Kolaborasi

Bagiin akun TikTokmu di media sosial yang lain, setiap kamu posting konten baru. Beri tau followersmu kalo kamu punya konten baru yang siap buat menghibur atau mengedukasi mereka. Kamu juga bisa promosiin akunmu dengan berkolaborasi sama Creator lain. Cara kolaborasi ini bakal saling menguntungkan antara kamu dan dia yang bisa bertukar followers buat dapetin audiens baru.

Avatar Hilyah Fitri Andriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *