Cara Optimasi Facebook Untuk Menaikkan Followers Organik

|

3 Views
Cara Optimasi Facebook Untuk Menaikkan Followers Organik

Banyak cara yang bisa kamu lakuin buat menaikkan followers di Facebook. Akun media sosial yang satu ini memang banyak digunain untuk keperluan komunikasi bahan sampai bisnis.

Kamu bisa melakukan 5 cara optimasi Facebook yang bakal bikin followers naik secara organik. Baca artikel ini sampe beres!

Kenalan Sama Aplikasi Facebook

Facebook adalah salah satu platform media sosial yang masih eksis digunakan sampai sekarang. Ya walaupun makin banyak media sosial lainnya yang udah bersaing sengit dengan fitur-fitur modern yang dibawa.

Facebook banyak banget kegunaannya selain buat akun personal branding kita. Kamu bisa gunain Facebook buat jadi tempat toko online dari bisnis kamu. Kalo kamu baru pertama gunain Facebook buat tujuan profesional, nih ada cara optimasi Facebooknya.

5 Cara Optimasi Facebook Bisa Menaikkan Followers

1. Profil Jelas

Cara optimasi Facebook yang pertama adalah dengan membuat profil yang jelas di akunmu. Mulai dari foto profil, foto sampul sampai foto produk-produkmu.

Gunakan nama sesuai dengan nama identitas kamu. Sampul yang digunakan juga harus mencerminkan bisnis kamu. Untuk akun facebook buatlah seperti profil akun pribadi, ini mencegah akunmu ditangguhkan kalo kamu mau mengiklan di Facebook nantinya.

Siapkan foto terbaikmu, foto profil ini harus menggunakan foto pribadi jangan foto produk. Kamu bisa menggunakan foto produkmu pada fanpage, termasuk foto sampul dan deskripsi tokomu. Optimasi fanpage untuk bisnis kamu. Jadi bedakan akun pribadi dan fanpage ya.

2. Teman Sesuai Target

Facebook nyedian fitur pertemanan yang bisa nampung banyak teman sampai ribuan. Kalo kamu mau binsismu tertarget sama audiens, pastiin pertemanan kamu sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Gak mau kan kamu punya banyak petemanan tapi gak ada yang jadi konversi?

Cara buat datengin potensi konversi yang tinggi, dari awal kamu bisa mulai add-friend akun-akun yang berminat sama jenis produk kamu. Misal kamu punya produk jasa bikin website. Sebelumnya kamu bisa masuk dulu grup-grup UMKM atau bisnis-bisnis kecil lainnya dimana mereka membutuhkan jasa bikin web.

Setelah kamu masuk grupnya, kamu bisa add-friend orang-orang yang masuk di komunitas itu. Kamu juga bisa lakuin ini dengan cara mengambil teman dari fanpage kompetitor. Jadi akun facebook kamu punya teman yang sekaligus jadi target market kamu.

3. Konten Berkualitas

Cara menaikkan followers di Facebook bisa dilakukan dengan cara buat konten berkualitas yang releate sama kebutuhan audiens kamu. Banyak jenis konten yang bisa kamu posting di Facebook.

Optimasikan Facebook kamu untuk menjadi platform yang senang dikunjungi oleh audiens. Buat konten yang berisi tulisan informatif dan bermanfaat. Tapi jangan cuma merhatiin tulisan aja, kamu juga harus sertain gambar menarik yang sesuai sama isi kontennya.

Konten-konten yang berkualitas bisa menarik orang buat memfollow akun Facebook kamu. Kalo kamu berbisnis, kamu bisa manfaatin dengan buat konten solusi dari permasalahan yang dihadapi audiens kamu, terus kamu bisa tawarin produk bisnisnya.

Baca Juga: Penting! 10 Kelebihan Facebook Untuk Marketing

4. Rutin Posting

Gak mau kan followers kamu lama-lama makin berkurang karena liat akun kamu gak aktif? Nah, followers itu suka sama akun aktif yang rajin posting konten loh.

Rutin posting konten jadi hal yang gak kalah penting dari membuat konten yang berkualitas. Kalo kamu pengen dapetin jangkauan dan naikin followers secara organik, kamu harus buat akun kamu aktif. Salah satu caranya rajinlah posting konten dan berinteraksi di akun orang lain. 

5. Like dan Komen Postingan Orang

Hukum timbal balik gak cuma berlaku di dunia nyata aja. Dalam dunia maya juga berlaku contohnya di Facebook. Kamu jangan berharap dapetin engagement tinggi kalo kamu sendiri gak aktif berkomentar dan like postingan akun-akun lain.

Aktif memberikan like dan komen di akun lain punya banyak manfaat buat akun Facebook pribadi maupun bisnis kamu. Luangin waktu kamu 10-15 menit buat lakuin cara ini. Satu like di postingan aja itu sangat berarti bagi pemiliknya loh.

Gimana, mudah kan cara optimasi Facebook? Fitur Facebook yang segudang ini bisa kamu dapetin secara gratis, kalopun kamu mau lebih cepat dapet followers dan jangkauan, kamu bisa pake iklan di Facebook. Tenang aja, harganya masih terjangkau ko.

Coba kamu praktekin cara optimasi Facebook di atas, semoga followersmu makin naik, itung-itung kamu latihan konsisten bangun akun secara profesional. Yuk tunggu apa lagi!

Avatar Hilyah Fitri Andriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *