Apa Itu Algoritma Facebook? Ini Cara Kerja dan Contohnya

|

3 Views
Apa Itu Algoritma Facebook? Ini Cara Kerja dan Contohnya

Facebook jadi salah satu platform media sosial terbesar yang paling banyak digunakan sampai sekarang. Tapi kamu pernah gak bertanya-tanya, pas kamu liat postingan di Facebook kenapa ada beberapa postingan yang muncul beberapa kali, sementara postingan yang lain jarang banget muncul? Nah, dibalik itu semua ada yang namanya “algoritma Facebook”

Apa Itu Algoritma Facebook?

Kalo kamu masih bingung apa itu algoritma Facebook, artikel ini pas banget buat kamu baca buat jelasin tuntas apa itu algoritma Facebook.

Jadi, algoritma Facebook itu ibaratnya sebagai otak dibalik apa yang bisa kamu liat di beranda Facebook. Algoritma ini nentuin konten mana yang relevan sama minat atau yang kita suka lihat, dan bisa juga melewatkan konten yang jarang kita liat. 

Tujuan utamanya yaitu untuk mastiin kita terus terlibat dengan platform tersebut, dengan cara menunjukkan konten yang menurut algoritma akan membuat kita tertarik. Facebook gak cuma nampilin postingan secara acak atau berdasarkan urutan waktu, tapi lebih kompleks dari itu. 

Algoritma Facebook ini bekerja buat nyaring miliaran postingan setiap hari dari teman, grup, dan halaman yang kita ikuti, lalu memilih mana yang paling sesuai untuk kita. Makanya kadang kita suka banget ditampilin postingan yang relevan sama yang lagi kita butuhin. Udah paham kan sekarang?

Cara Kerja Algoritma Facebook

Algoritma Facebook tetap punya konsep dasar yang sama meskipun setiap saatnya terus berkembang. Konsepnya yaitu tetap menunjukkan konten yang dianggap paling relevan buat kita. Tapi kamu tau gak gimana algoritma Facebook ini bekerja?

1. Histori Akun

Algoritma Facebook bekerja dengan cara liat histori yang dilakuin sama akun Facebook kamu. Algoritma bakal melihat postingan apa aja yang pernah kamu sukai, komen, atau kamu bagikan. Nah, dari hal ini Facebook udah bisa nebak kira-kira kamu suka postingan dengan topik yang kaya gimana.

2. Histori Interaksi Kamu

Algoritma Facebook yang kedua yaitu bekerja dengan cara liat interaksi akun kamu. Facebook otomatis bakal merhatiin seberapa aktif akun kamu, berapa lama kamu buka sampai akun mana aja yang banyak interaksi sama kamu.

Beberapa akun yang dianggap Facebook paling sering ngobrol sama akun kamu, maka Facebook bakal prioritasin postingan mereka buat lewat di beranda kamu. Postingan dari teman dekat atau keluarga kamu, cenderung lebih sering muncul di beranda, karena Facebook menganggap interaksi personal lebih penting dibandingkan postingan dari akun-akun yang jarang berinteraksi sama kamu.

3. Informasi Akun

Yang ketiga, Facebook bakal liat dari informasi akun kamu. Mulai dari lokasi, bahasa yang kamu pakai, sampai jenis perangkat yang kamu gunain. Semua informasi ini jadi data penting bagi Facebook untuk menganalisa algoritma yang relevan dengan kamu.

4. Jenis Konten

Terakhir, algoritma facebook menilai dari kualitas postingan atau jenis konten dari preferensi interaksi kita. Facebook bakal melihat jenis konten mana yang sering kamu like, komen sampai bagikan. 

Algoritma facebook juga bekerja dengan cara melihat kamu lebih suka sama jenis konten gambar atau video. Jenis konten tersebut yang akan ditampilkan lebih sering oleh Facebook di beranda akun kamu.

Contoh Algoritma Facebook

Setelah kamu tau bagaimana cara kerja algoritma Facebook, ini nih contoh algoritma yang mungkin udah gak asing lagi buat kamu:

1. Iklan Facebook

Pernah ngalamin kamu lagi nyari tempat kursus bahasa online, terus tiba-tiba sering dimunculin iklan kursus bahasa di Facebookmu? Nah, itu dia contoh algoritma Facebook lagi bekerja yang udah mendeteksi minat kamu sebelumnya.

Facebook gunain berbagi data perilaku pengguna, salah satunya data minatnya. Dari data minat ini, fungsi bagi Facebook adalah menampilkan iklan yang paling relevan sama kamu. Kalo kamu suka browsing produk kecantikan, jangan heran kalo iklan produk kecantikan bakal sering muncul di beranda kamu.

2. Teman Dekat Sering Muncul

Postingan dari akun orang-orang terdekat kita bakal sering muncul di bagian atas beranda. Ini karena algoritma Facebook tau kalo kamu sering berinteraksi sama akun-akun tersebut. 

Seringnya kamu berinteraksi seperti like, komen atau mengirim pesan pribadi bakal membuat Facebook membaca kalo hubungan kamu sama akun-akun tersebut sangat dekat. Dari situ lah Facebook bakal memprioritaskan postingan mereka buat muncul paling atas di beranda Facebook kamu.

3. Konten yang Kamu Suka 

Berikutnya Algoritma Facebook bekerja dengan mendeteksi konten-konten yang kamu suka. Kalo kamu sering like dan lihat postingan seputar film horror, maka algoritma bakal menangkap itu pola dan langsung mengirimkan konten-konten serupa yang relevan dengan kamu.

Misal juga kamu suka sama konten-konten dengan format video, maka Facebook bakal menangkap preferensi itu dan mulai prioritasin konten video di beranda kamu. Dengan melakukan ini, Facebook bakal membuat kamu merasa personal menggunakan media sosial ini dan semakin betah berlama-lama menjadi pengguna.

4. Konten yang Gak Kamu Suka

Kamu bakal jarang nemuin konten atau akun yang gak kamu minati. Postingan atau akun tertentu yang jarang kamu liat, menjadi data algoritma Facebook buat mendeteksi kalo konten tersebut gak relevan sama minat kamu.

Dari sini Facebook bakal otomatis menurunkan prioritas tayangan dari sumber konten-konten tersebut. Jadi, feed kamu gak akan dipenuhi oleh konten yang sebenarnya gak menarik dan gak relevan buat kamu.

Avatar Hilyah Fitri Andriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *