Kekuatan psikologi dalam warna bisa mempengaruhi orang yang melihatnya. Misal pas kamu liat warna tertentu, pernah gak kamu jadi kebawa nuansa senang, sedih atau bahkan ikut merasa lapar? Itulah adalah peran dari psikologi warna.
Rasanya dunia sangat hampa tanpa warna-warni dihidup kita. Sebagai elemen penting dalam hidup, warna juga berarti dalam dunia desain. Selarasnya warna dengan tema pada desain bakal mudah dipahami oleh pembaca. Penyampaian pesan lebih mudah buat di terima. Penting bagi kamu tau arti psikologi warna yang punya makna berbeda-beda. Di artikel ini semua akan di bahas tuntas, sampe kamu bener-bener ngerti!
Mengenal Psikologi Warna
Psikologi warna adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan warna dalam pengaruhnya kepada orang yang melihatnya. Warna bukan cuma sekadar pelengkap pada sebuah benda, tetapi juga sebagai alat yang ampuh nyampein pesan bahkan bisa sampai mempengaruhi emosi.
Warna-warna yang udah biasa kita lihat, memiliki arti dan makna masing-masing. Tujuan pesan yang mau disampein juga lebih gampang dipahami kalo kita tau makna psikologi dari setiap warna. Itu artinya memahami psikologi warna jadi hal penting dalam dunia desain.
Pentingnya Psikologi Warna dalam Desain
Bagi dunia desain, warna adalah unsur yang wajib ada untuk membuat desain semakin bernilai. Namun dalam penggunaannya, tentu desainer gak sembarang dalam merancang. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang makna dan arti dari setiap warna yang akan digunakan. Ada beberapa hal yang harus kamu tau, kenapa psikologi warna itu penting.
1. Sebagai Brand Identity
Psikologi warna bisa jadi brand identity yang kuat buat sebuah produk. Dalam dunia bisnis tentu ini jadi hal yang penting banget. Warna yang kamu pilih secara konsisten ada di produk, bakal ciptain identitas merek dan mudah diingat sama konsumen kamu.
Warna yang konsisten digunakan dalam branding dapat menciptakan identitas merek yang kuat dan mudah diingat oleh konsumen. Lagi-lagi penggunaan warna itu penting banget, kalo brand kamu udah nemuin warna yang cocok dan kuat sebagai identitas, brand kamu bakal punya image yang lebih bernilai dibanding brand yang gak punya arah dalam menentukan warna.
2. Mempengaruhi Emosi
Biasanya pemilihan warna yang mempengaruhi emosi digunain dalam desain yang bertujuan buat menyampaikan pesan tertentu. Seorang desain harus memperhatikan warna yang dipilih, apakah warna itu bisa memicu emosi yang diinginkan atau tidak.
Berbagai emosi yang bisa aja timbul dari penggunaan misalnya orang yang melihat poster film horor. Pada poster itu desainer menggunakan warna-warna flat dan menyeramkan, kaya hitam dan merah darah. Pasti kamu yang liat juga jadi ikut terbawa emosi suasana seram dari poster itu. Bakal gak nyambung banget kalo poster horor itu gunain warna-warna ceria, kaya kuning, pink dan hijau.
3. Mempengaruhi Perilaku
Selain mempengaruhi emosi pembaca, ternyata warna juga bisa mempengaruhi perilaku orang. Dalam dunia bisnis juga, psikologi warna digunakan karena bisa mempengaruhi keputusan pembelian dari konsumen.
Contoh yang gak asing lagi kita liat yaitu warna dari Shopee dan Tokopedia. Warna orange pada Shopee dan warna hijau Tokopedia udah melekat banget jadi brand identity sekaligus sangat ramah sebagai tombol konversi pembelian konsumen. Psikologi warna yang digunakan 2 marketplace besar ini berhasil mempengaruhi perilaku konsumen.
Contoh lain bisa kamu liat juga dalam dunia desain, beberapa warna yang digunakan pada poster atau pengumuman dapat memicu orang buat lakuin tindakan. Misal warna merah yang dipake buat poster pengumuman penting. Pesan yang mau disampein bersifat urgensi, tapi karena penggunaan warna yang tepat bisa mendorong pembacanya lakuin tindakan impulsif.
4. Lebih Bernilai dalam Desain
Keselarasan penggunaan warna dalam desain membuat desain tersebut lebih bernilai dan bermakna. Buka cuma itu, desain yang gunain warna secara efektif bakal lebih menarik perhatian dan mudah dipahami sama audiens.
Baca Juga: Wajib Tahu! 9 Jenis Desain Grafis Terpopuler
Arti Psikologi Setiap Warna
Kalo kamu udah tau kenapa psikologi warna itu penting buat desain. Nah, sekarang kamu harus tau juga arti psikologi dari tiap-tiap warna di bawah ini.
1. Putih
Warna putih memiliki arti psikologi warna yang bermakna suci dan bersih. Kesan yang bakal tersampaikan dari warna ini yaitu kesederhanaan dan kemurnian. Warna ini cocok buat desain dengan tema bersih, minimalis, rapih dan elegan.
2. Hitam
Makna kekuatan sangat melekat pada warna hitam. Terkadang hitam juga bisa membuat yang liat jadi lebih serius buat menangkap pesan yang mau disampaikan. Biasanya warna hitam ini digunain pada desain buat nyiptain kesan mewah dan elegan.
3. Merah
Kayaknya psikologi warna merah udah sering banget digunain pada desain. Dan udah gak asing lagi kalo warna merah jadi simbol kekuatan dan keberanian. Warna merah sering digunain buat narik perhatian audiens pada tema-tema keberanian dan gairah. Bisa juga sebagai lambang warna cinta dan kasih sayang.
4. Kuning
Warna kuning yang memiliki karakteristik nuansa ceria dan gembira ini sesuai sama makna psikologi warnanya. Pasti kamu juga udah sering liatkan desain untuk anak-anak atau informasi berbau kegembiraan bakal didominasi sama warna-warna cerah contohnya warna kuning ini.
5. Orange
Sama dengan warna kuning, orange juga punya psikologi yang hampir mirip. Cocok buat digunain pada desain dengan tema kegembiraan dan kreativitas. Penggunaan warna ini bakal menggambarkan suasana yang ceria dan ramah.
6. Hijau
Pernah gak kamu ngrasa kalo liat warna yang hijau-hijau itu bikin hati adem. Suasana itu terlihat sejuk kaya mewakili alam. Itulah makna psikologi warna yang dimiliki sama warna hijau. Warna ini cocok digunain buat pesan-pesan dengan tema lingkungan dan alam.
7. Biru
Psikologi warna biru bermakna menciptakan ketenangan dan kedamaian. Kalo kamu melihat warna biru, kamu bakal ngrasa tentram dan damai. Warna ini juga jadi simbol kepercayaan dan kecerdasan. Untuk desain-desain profesional, penggunaan warna biru cocok banget buat diaplikasikan karena lebih terkesan terpercaya dan bernilai tinggi.
8. Ungu
Penggunaan warna ungu sering kita liat pada desain dengan tema kreativitas dan juga keagungan. Sesuai sama makna psikologisnya, warna ungu ini memiliki kesan keagungan dan kekayaan yang tinggi. Cocok digunain buat desain dengan team-tema premium dan eksklusif.
Tinggalkan Balasan