Bagi kamu yang masih bingung gimana bangun brand awareness buat produk baru dan mulainya dari mana? Artikel ini bakal cocok buat jadi solusi dari masalah kamu.
Brand awareness ini harus kamu lakuin apalagi produkmu masih baru dan belum dikenal orang banyak. Jadi jangan sampe kamu gak baca sampe selesai ya, ini penting banget!
Kenali Dulu Tentang Brand Awareness
Kamu gak mungkin kan langsung dapetin pembeli banyak padahal mereka belum tau sama sekali tentang prododukmu. Apalagi kalo mereka sebelumnya udah lebih familiar sama produk serupa di brand sebelah.
Nah, cara yang harus kamu lakuin itu kenalin dulu produk kamu ke calon pelanggan biar mereka tau keberadaan dari produk yang kamu jual. Bangun brand awareness dulu supaya mereka tau apa sih nama produkmu, keunggulannya apa, belinya dimana, harganya berapa, apa yang bikin beda dari produk lainnya. Sampai sini paham?
Jadi, brand awareness ini cara pertama kita buat kenalin produk ke calon pelanggan agar produk kita diakui keberadaannya. Pada tahap ini kita mulai bangun brand awareness dengan menjelaskan bagaimana produk kita ini Tujuannya membuat calon pelanggan tertarik dan mulai berencana ke tahap berikutnya pada Customer Journey. Tapi untuk sekarang, kita bakal fokus bahas brand awareness dulu ya.
Gimana Cara Bangun Brand Awareness Produk Baru?
Ada beberapa cara mudah buat kamu bangun brand awareness untuk produk baru. Kamu bisa coba buat nerapin cara-cara ini dan gak perlu lagi bingung mulai dari mana. Yuk simak!
1. Tentukan Target Market
Pertama, kamu tentuin dulu target market yang sesuai sama produk kamu. Segmen audiens mana yang bakal tertarik dan beli produk kamu. Contohnya kalo kamu jual produk diet sehat, kamu targetin produkmu buat mereka yang punya gaya hidup sehat buat nurunin berat badan bukan malah kenalin ke orang-orang yang punya badan kurus dan pengen nambahin berat badan.
Cara nentuin target market bisa kamu petain sesuai demografi, permasalahan bahkan sampai pendapatan audiens. Jadi dengan lakuin cara ini kamu gak akan salah target mau kenalin produkmu ke calon pelanggan yang kaya gimana.
2. Bangun Brand Image yang Kuat
Mau orang-orang aware sama produk kamu? coba deh sebelum mulai dipromosiin kamu udah nentuin brand image yang bagus. Misalnya, nama produknya yang mudah diingat, logonya, warna yang digunain buat kemasan, tagline sampe copywriting penjualan kamu.
Brand image ini jadi alasan kuat kenapa orang gampang kenal sama produk kamu loh. Kalo diawal kenalan kamu udah menarik, audiens juga bakal tertarik buat kenal lebih dalem tentang kamu kan? ini bakal memperluas peluang produkmu dibeli sama konsumen kedepannya.
3. Manfaatkan Platform Media Sosial
Manfaatin beragam platform media sosial yang tersedia. Masing-masing platform punya karakteristik pengguna yang berbeda, tapi banyak banget audiens yang bisa kamu bidik di sana.
Dengan estimasi penggunaan media sosial yang banyak menghabiskan waktu audiens berjam-jam, kamu bisa manfaatin moment ini buat promosiin produk kamu. Gak perlu cape keluar rumah. Cukup gunain strategi marketing di media sosial produkmu sudah bisa menjangkau audiens dari beragam lokasi.
4. Buat Konten Berkualitas
Jangan lupa buat perhatiin kualitas konten yang mau kamu sampein ke audiens. Konten yang disajikan harus informatif ya, biar audiens juga gampang memahami apa yang mau kamu sampein tentang produkmu.
Kalo kamu asal-asalan nyampein informasi seputar produkmu, bisa-bisa audiensmu udah bosan duluan dan males buat kenal sama produknya. Konsumen adalah raja, jadi manjain mereka dengan sebaik-baiknya.
Baca Juga: Jangan Khawatir! Ini Dia 4 Cara Mudah Tentuin Niche Kontenmu
5. Kolaborasikan dengan Publik Figur/Influencer
Peran orang yang terkenal itu sangat membantu banget dalam mempromosikan produk kita yang baru. Dengan pengikut mereka yang udah banyak, mereka bisa bantu kenalin produk kita ke orang banyak.
Mereka juga biasanya udah punya pengaruh buat pengikutnya, bisa mempengaruhi tindakan meniru bahkan sampai ikutan beli apa yang mereka pake. Gunain jasa Influnecer bakal lebih cepat datengin traffic dan engagement buat produk baru kamu.
6. Promosiin Lewat Event Offline
Cara konvensional ini masih bisa kamu pake selain gunain juga teknologi digital. Ikutin event-event bisnis dan promosikan produkmu secara langsung. Atau kamu juga bisa adain event khusus produk kamu sendiri.
Manfaatin juga event ini buat audiens yang hadir makin tertarik dengan cara beri penawaran yang menarik. Buat diskon atau potongan harga di awal launching produkmu. Biarkan audiens mencoba dulu produkmu di harga murah, kalo mereka merasa puas penggunaan pertama, percaya deh produkmu bisa dibeli lagi kedepannya.
7. Promosiin Lewat Iklan Berbayar
Punya banyak modal promosi? sekalian kamu manfaatin juga iklan berbayar, bisa lewat Instagram, Facebook hingga Google dan Youtube. Cara ini jadi salah satu cara cepat buat jangkau audiens lebih luas biar kenal sama produk kamu.
8. Rajin Evaluasi
Setelah lakuin semua strategi di atas, jangan lupa buat evaluasi hasilnya. Dengan begitu, kita bisa tahu mana strategi yang berhasil dan mana yang enggak, jadi kita bisa terus perbaiki buat kelancaran bisnis kedepannya.
Tinggalkan Balasan