6 Tips Digital Marketing Instagram untuk UMKM yang Menarik

|

1 Views
6 Tips Digital Marketing Instagram untuk UMKM yang Menarik

Kamu bisa mudah menarik pelanggan lewat tips digital marketing Instagram untuk UMKM berikut ini. Apalagi saat ini memang sudah banyak para pebisnis dari individu hingga perusahaan memakai media sosial untuk memasarkan usaha mereka.

Untuk usaha kecil dan menengah sendiri, pastinya keberadaan digital marketing sangat memudahkan pemasaran yang efektif. Terutama karena tidak butuh biaya banyak untuk memulainya, bahkan ada akses yang gratis.

Mengapa Instagram Marketing Penting untuk UMKM?

Penggunaan media sosial untuk menjadi wadah promosi produk masih sangat diminati oleh pelaku bisnis, tentunya juga UMKM. Dengan tingginya minat pengguna Instagram, platform ini sangat cocok sebagai bahan branding produk kamu untuk mengenalkan kepada audiens secara luas.

Selain itu, fitur-fitur yang terdapat di Instagram sangat membantu kamu mengoptimalkan promosi bahkan sampai beriklan. Kamu bisa menjangkau audiens lebih luas dengan tepat sasaran sesuai target market dari produkmu. 

Agar bisnis UMKM kamu lebih maju, baca artikel Cara Mendapatkan Elementor Pro Gratis Selamanya 100% Work! untuk websitemu.

Tips Digital Marketing Instagram untuk UMKM yang Menarik

Simak beberapa tips ini agar strategi pemasaran produkmu di Instagram semakin sukses:

1. Mulailah Registrasi ke Akun Bisnis

Jangan memilih Instagram (IG) personal saat kamu ingin memasarkan usaha lewat media sosial tersebut. Tapi pilihlah dan mulai registrasi ke akun bisnis, karena akun ini biasanya punya fitur bermanfaat yang tidak dimiliki akun IG jenis pribadi.

Terutama fitur seperti Instagram Ads atau Insights yang menawarkan data statistik untuk perencanaan marketing yang lebih efektif.

2. Membuat Konten Foto yang Eye-catching

Membuat konten foto semenarik mungkin dan eye-catching adalah tips digital marketing Instagram bisnis paling efektif. Karena memang IG memberikan fitur bagi penggunanya untuk memposting banyak konten foto, video hingga teks.

Pastikan foto kamu berkualitas dan cara penyampaiannya jelas. Selain itu, tuliskan caption yang juga menarik dan membuat orang penasaran. Sehingga mereka mau berhenti sejenak dan tidak langsung scroll ke post pengguna lainnya.

3. Berikan Konten yang Sifatnya Bermanfaat

Tidak hanya soal desain gambar atau foto yang bagus, tetapi konten yang kamu posting haruslah memberi manfaat. Akan sangat baik kalau konten tersebut juga informatif dan bermanfaat bagi yang membacanya.

Dari sana, maka pengguna lain akan mulai tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu bisa juga membuat konten berupa apa manfaat yang orang dapat dengan membeli produk atau jasa kamu.

4. Tautkan Akun IG Kamu dengan Facebook

Karena IG dan Facebook berada di bawah perusahaan yang sama, maka kamu juga bisa memperluas akses marketing ke media sosial lainnya. Mulailah menghubungkan konten-konten dan postingan kamu di IG ke Facebook. Sehingga kamu bisa mendapatkan viewers lebih.

Jangkauan pemasaran kamu juga jadi lebih luas, selain itu tidak perlu lagi memikirkan membuat dua konten berbeda. Dengan satu konten yang sama bisa diposting ke dua media sosial sekaligus.

5. Melakukan Kolaborasi dengan Pengguna Lain

kamu bisa berkolaborasi dengan pengguna lain, misalnya Influencer. Jika anggaran digital marketing kamu ketat, maka bisa memilih Influencer dengan biaya yang masih masuk anggaran.

Ini akan membuat brand kamu juga semakin dikenal masyarakat. Penting juga dalam tips digital marketing Instagram online untuk memilih Influencer dengan banyak followers sesuai target konsumen kamu.

6. Pergunakan Hashtag yang Tepat

Lewat adanya hashtag maka iklan kamu bisa menjangkau lebih banyak pengguna IG bahkan jika mereka belum memfollow akun kamu. Gunakan hashtag yang tepat dan relevan sesuai dengan konten yang kamu posting.

Lalu buatlah sebuah branded hashtag unik untuk digunakan pada usaha/bisnis kamu. Sebuah hashtag yang menjadi ciri khas dari brand kamu dan yang tidak ditemukan pada akun usaha lainnya.

Misalnya, kamu memiliki bisnis fashion berupa baju-baju anak, maka kamu bisa membuat tagline khusus menggunakan #brandbisnis_bajuanak.

Itulah beberapa tips digital marketing Instagram yang bisa dicoba oleh para individu atau pengusaha yang memiliki UMKM. Selain itu, manfaatkan selalu fitur-fitur IG bisnis yang ada seperti Instagram Reels, Story maupun Feeds.

Mulailah dari sekarang untuk memasarkan produkmu di Instagram dengan tips-tips di atas. Jangan lupa untuk terus update mengikuti trend agar audiensmu tidak merasa bosan. Semoga sukses!

Avatar Hilyah Fitri Andriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *