Facebook adalah salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk kepentingan marketing dengan beragam kelebihan.
Buat kamu yang lagi nyari strategi digital marketing menggunakan media sosial, aplikasi Facebook cocok buat kamu karena penggunaannya yang mudah dipahami dan punya banyak fitur keunggulan.
Nah, artikel ini bakal bahas kelebihan Facebook untuk marketing yang bikin kamu gak perlu mikir panjang lagi buat ngembangin bisnis lewat aplikasi satu ini.
Kelebihan Facebook Untuk Marketing
Sebagai platform media sosial dengan pengguna terbanyak, Facebook cocok banget buat dijadiin media marketing karena memiliki banyak kelebihan. Berikut kelebihan Facebook untuk marketing yang bisa jadi pertimbangan kamu:
1. Mudah digunakan
Mau make Facebook buat marketing bisnis kamu? kamu gak perlu harus jago IT. Interface dari Facebook ini udah User-Friendly yang bikin kamu gampang cara pakainya.
Fitur-fitur marketing di facebook juga ramah bagi pengguna pemula. Kamu bisa buat fanpage, facebook grup atau marketplace dengan sangat mudah.
2. Jumlah Audiens Besar
Kamu bisa menjangkau ribuan bahkan jutaan pengguna Facebook apalagi kalo kamu gunain Facebook Ads. Banyaknya pengguna Facebook ini jadi peluang buat kamu kenali produk jualan ke audiens yang lebih luas.
Bayangin aja, pengguna Facebook di seluruh dunia tuh banyak banget. Dengan jumlah audiens yang sebesar itu, peluang bisnis kamu buat dikenal jadi lebih besar. Mau target pasarnya anak muda, ibu-ibu rumah tangga, atau kalangan profesional, semua ada di Facebook.
3. Cocok Buat Tempat Branding
Kelebihan Facebook berikutnya yaitu bisa jadi tempat yang pas buat ngebangun brand awareness. Brand Awareness itu kesadaran pelanggan atas produk kita. Mereka bisa mengenal kita lewat logo, warna, tagline ataupun identitas lainnya yang dimiliki produk kita.
Cara bangun brand awareness di Facebook yaitu kamu bisa sering posting konten yang menarik dan konsisten. Kamu bisa bikin calon pelanggan jadi lebih familiar sama merek kamu. Lama-lama, mereka bakal inget sendiri kalau butuh produk atau jasa, pasti langsung ingat sama merek kamu.
4. Bisa Nargetin Lebih Spesifik
Kecanggihan fitur yang dimiliki Facebook buat kamu makin gampang nentuin target market lebih spesifik sesuai dengan produk kamu. Contohnya kalo kamu pake Facebook Ads. Kamu bisa pilih nih, mau iklan kamu dilihat sama orang-orang yang tinggal di kota mana aja, punya minat tertentu, atau bahkan punya perilaku belanja tertentu.
Facebook punya database pengguna yang terdiri dari banyak perilaku atau kebiasaannya. Manfaatin fitur ini buat kelancaran bisnis kamu. Kamu jadi gak perlu cape-cape buat data manual calon pelanggan kamu.
5. Harga Murah Bahkan Gratis
Kelebihan Facebook untuk marketing berikutnya adalah harganya yang murah bahkan gratis untuk digunakan. Kamu bisa promosiin produkmu secara gratis di fitur marketplace, grup facebook dan posting di fanpage.
Buat jangkauan yang lebih luas lagi, kamu bisa gunain iklan di facebook tapi harganya juga gak terlalu mahal. Kamu bisa mulai dari budget harian puluhan ribu saja. Selanjutnya kalo hasil iklannya bagus kamu bisa tambah anggaran iklannya supaya jangkauannya makin luas lagi.
6. Meningkatkan Traffic ke Website
Facebook bisa jadi tempat mengubah audiens jadi pelanggan dengan cara buat mereka mengunjungi situs website kamu. Cara ini juga biasanya dilakuin para blogger buat ningkatin traffic ke website mereka.
7. Meningkatkan Performa SEO
Facebook yang kamu punya bisa buat bahan backlink ke website kamu. Seperti yang kita tau, kalo backlink itu penting banget buat performa website kita di mesin pencarian.
Kamu juga bisa nerapin kaidah seo ke Facebook fanpage kamu. Kalo fanpage kamu teroptimasi seo dengan baik, bukan cuma website kamu aja yang bakal muncul di mesin pencari tapi halaman Facebook kamu juga.
8. Bisa Ubah Follower Jadi Customer
Audiens yang udah jadi followers kamu, artinya mereka udah tau produk kamu. Mereka ini termasuk warm market yang artinya lebih mudah diubah menjadi hot market dibandingkan dari cold market.
Cara supaya followers kamu berpeluang menjadi customer salah satunya yaitu memfollow up mereka dengan kasih penawaran menarik dari produk kamu. Kamu bisa tawarkan diskon dengan copywriting yang dapat mempengaruhi mereka.
9. Bisa Menganalisis Pesaing
Facebook merupakan aplikasi media sosial yang sangat terbuka. Kamu bisa menganalisis pesaing kamu gimana strategi atau konten yang mereka gunakan. Caranya, kamu tinggal cari aja nama fanpage kompetitor di pencarian. Lalu, kamu bisa amati postingan-postingannya.
Kamu gak perlu khawatir kalo kamu kesulitan cari kompetitor brand kamu. Fitur canggih di Facebook bisa menganalisa fanpage pesaing kamu dengan brand serupa. Facebook bakal memberikan saran halaman kompetitor yang serupa sama bisnis kamu.
10. Menjangkau Customer dengan Mudah
Salah satu keuntungan punya akun bisnis di Facebook yaitu kamu bisa langsung berinteraksi dengan customer. Ada fitur messenger yang bisa kamu manfaatin buat jawab pertanyaan, memberikan informasi produk, atau bahkan menyelesaikan masalah yang dialami customer.
Dari semua penjelasan kelebihan Facebook untuk marketing di atas, dapat disimpulkan kalo Facebook ini bisa jadi platform marketing yang efektif dan efisien. Dengan beragam keunggulan dan kemudahan yang ditawarin, Facebook bisa bantu kamu mencapai tujuan bisnis kamu.
Tinggalkan Balasan