Pentingnya Digital Fundraising Untuk Meningkatkan Donasi

Pentingnya Digital Fundraising Untuk Meningkatkan Donasi

Apakah Anda memiliki sebuah lembaga sosial, yayasan atau organisasi yang banyak melakukan kegiatan fundraising untuk mendatangkan donasi? Jika iya, maka ini adalah halaman yang tepat untuk Anda baca karena menjelaskan tentang pentingnya digital fundraising supaya bisa menambah wawasan menjadi lebih luas.

Dalam melakukan pencarian donasi setiap tempat memiliki banyak cara yang berbeda, mereka memiliki pola yang berbeda karena program donasi nya juga beda.

Supaya bisa mengangkat nilai dan jumlah donasi, maka perlu perancangan dan juga memanfaatkan seluruh media untuk menggalang dana.

Mulai dari pola pikir, sumber daya manusia dan juga program perlu dirancang terlebih dahulu. Setelah sudah maka selanjutnya manfaatkan semua media untuk mulai galang dana.

Banyak cara dan juga tempat yang bisa digunakan untuk mencari anggaran suatu program. Entah itu offline atau online.

Entah itu menggunakan proposal atau secara langsung.

Namun sekarang, seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman, maka teknik penggalangan dana untuk mendapatkan banyak donasi juga berubah drastis.

Dulu mungkin kita sering menggunakan kencleng untuk mendapat donasi, tapi sekarang orang-orang tidak bawa uang receh dan menyimpannya di dompet digital.

Banyak sekali perubahan perilaku dan gaya hidup termasuk untuk melakukan donasi.

Sekarang orang lebih memilih donasi melalui media online karena jauh lebih mudah dan tidak perlu keluar rumah juga bisa.

Mereka lebih leluasa dan bebas untuk memilih program mana yang ingin dibantu dan memberikan donasi.

Kita sudah tahu akan hal ini, kemudian apakah diam saja? Tentu saja tidak lah!

Sama-sama bergerak dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Supaya bisa menjangkau mereka yang senang berdonasi secara online. Perlu kita susun strategi digital fundraising.

Cara Meningkatkan Donasi Dengan Digital Fundraising

Bagaimana cara saya untuk bisa membantu meningkatkan donasi secara online menggunakan digital fundraising?

Apakah rumit atau malah jauh lebih mudah?

Berapa banyak orang yang harus terlibat dalam kegiatan ini?

Ketika Anda sudah terpikirkan bagaimana cara menjangkau orang-orang di seluruh Indonesia supaya mereka tahu dan mau berdonasi ke program yang kita buat, maka perlu segera menyusun cara fundraising yang tepat.

Jangan sampai hanya sekedar mengandalkan sebar whatsapp saja, atau malah melakukan spam broadcast program di pesan whatsapp.

Itu sudah jelas akan susah berkembang dan malah memberikan kesan buruk pada lembaga yang Anda kelola.

Banyak tahapan yang harus dibenahi dulu supaya semua berjalan dengan baik.

1. Bangun Tim Fundraising

Pertama adalah membangun tim untuk digital fundraising.

Orang yang pertama kali datang ke lembaga Anda itu adalah tim funding, bukan donatur.

Sehingga, yang perlu dibangun di awal adalah orang-orang yang bisa membantu Anda dalam menjalankan sebuah program sosial atau donasi.

Ketika tim sudah dibangun dan bagus, maka mereka mampu mendatangkan banyak donatur.

Jangan sampai Anda sendiri yang menggarap itu semua karena pasti tidak maksimal dan malah tambah susah.

Cari orang yang membuat lembaga Anda bisa maju dan berkembang, memang agak sulit dalam tahapan ini. Tapi pasti akan ketemu, perbanyak saja berdoa supaya diberikan tim yang amanah.

2. Tentukan Media Digital Untuk Galang Dana

Setelah siap menjalankan fundraising dengan tim yang kuat, maka selanjutnya adalah memilih tempat mana yang akan digunakan sebagai media buka donasi.

  • Apakah itu instagram?
  • Apakah itu facebook?
  • Apakah itu di youtube?

Atau Anda sendiri sudah terpikirkan di mana seharusnya?

YA! Memang banyak media yang harus digarap untuk sekarang ini, terutama sosial media.

Banyak orang sudah memiliki sosial media, sehingga tugas kita adalah menjangkau mereka supaya bisa bertemu dengan program kita.

Perbanyak konten dan juga delivery ke tempat yang jauh lebih luas lagi, jangan sampai hanya di sebar di status whatsapp saja.

Kasihan orang desain, nanti konten dia hanya sedikit yang melihat.

Selain itu juga bisa Anda gunakan media atau platform crowdfunding seperti kitabisa atau amalsholeh.

Jika ada sedikit modal ya buat saja website sendiri untuk menampung seluruh program galang dana dari lembaga Anda.

3. Konsisten Dan Evaluasi

Ini yang paling sulit.

Menentukan plan untuk meningkatkan donasi memang mudah, tapi ketika eksekusi banyak yang macet.

Hal itu terjadi karena kurangnya semangat dan konsisten antar team, kurangnya evaluasi juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Untuk itu perlu satu orang yang bisa menyemangati tim supaya tetap kuat dan semangat.

Ketika semuanya semangat, maka pasti akan timbul konsistensi yang baik.

Lakukan juga evaluasi supaya ketemu apa yang bermasalah dan masalah apa yang sedang dihadapi.

Mungkin sekian saja untuk sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan.

Semoga dengan adanya artikel ini Anda paham bagaimana cara meningkatkan donasi online dengan menggunakan media digital.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kamu harus baca