Apakah Penggalangan Dana Menggunakan FB Ads Efektif?

Apakah Penggalangan Dana Menggunakan FB Ads Efektif?

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang penggalangan dana menggunakan fb ads atau facebook ads yang sekarang sudah marak dilakukan banyak lembaga untuk bisa mendapatkan donasi online.

Pertanyaan yang sering diajukan, apakah masih efektif dengan cara seperti itu?

Jawabannya, tergantung.

Kalau apa yang saya rasakan sendiri selama menjalankan campaign fundraising via FB ads zaman dulu dengan sekarang memang sangat jauh berbeda.

Tingkat kesulitan nya sudah jauh lebih terasi daripada tahun-tahun lalu.

Mungkin saja karena sudah banyak lembaga yang bisa menjalankan FB ads untuk donasi online melalui sosial media Facebook dan Instagram.

Ketika tahun 2020 kebawah, saya biasa melakukan penggalangan dana online melalui FB ads.

Hasilnya jangan ditanya lagi, luar biasa efeknya!

Entah dari segi pendapatan donasi atau jumlah donatur semuanya meningkat pesat.

Bahkan banyak lembaga lain yang sering bertanya mengenai teknik apa yang digunakan.

Tidak banyak dijelaskan waktu itu hanya diberitahukan saja bahwa kita menjalankan campaign menggunakan iklan facebook.

Hasil Donasi Online Menggunakan Facebook Ads

Berapa hasil yang biasa didapatkan ketika menjalankan campaign penggalangan dana melalui FB ads?

Pengalaman saya cukup besar didapatkan bisa sampai 1:5 bahkan pernah 1:15 hingga lebih dari itu.

Maksudnya bagaimana?

Biar saya jelaskan sedikit.

Yang dimaksud dari perbandingan itu adalah jumlah budget dan hasil yang didapatkan.

Simulasinya begini:

  • Jika kita mengeluarkan biaya 1juta untuk iklan maka akan dapat hasil 5juta bahkan lebih (1:5)
  • Jika kita mengeluarkan biaya 1juta maka bisa dapat hasil 15juta bahkan lebih (1:15)

Nah begitu seterusnya, semakin besar budget yang dikeluarkan maka perbandingan hasil semakin besar juga.

Seperti misalnya kita mengeluarkan biaya 500juta untuk iklan dengan target 1:5 maka kemungkinan hasil donasi yang didapatkan adalah 2.5 miliar atau bisa lebih.

Legit bukan? Tentu saja, dengan itu dapat dipastikan program yang sedang berjalan bisa terjadi akselerasi atau percepatan progress.

Misalkan ada program pembangunan pondok dengan target 5 miliar maka bisa mengeluarkan budget 1 miliar sebagai biaya iklan supaya tertarget pembangunan dalam waktu cepat.

Apakah Sekarang Masih Efektif Melakukan Penggalangan Dana Menggunakan FB Ads?

Mengenai masalah penggalangan dana menggunakan fb ads pada masa sekarang, saya belum bisa menjelaskan efektif atau tidaknya jika di tahun-tahun sekarang.

Karena sejak tahun 2021 sampai sekarang hasil dari FB ads belum bisa sepertu tahun lalu yang sangat legit dan luar biasa hasilnya.

Tapi jika ingin mencoba untuk membuktikan juga silahkan saja.

Sekarang banyak orang yang menawarkan pelatihan facebook ads dengan biaya murah mulai dari 300 rebu sampai 500 rebu sudah diajari belajar fb ads dengan baik.

Tapi belum tentu hasilnya sama juga.

Semakin banyak lembaga yang tahu cara beriklan melalui FB ads maka semakin banyak juga pesaing sehingga iklan jadi kurang baik karena donatur akan bosan jika melihat program serupa dan sama.

Jadi apakah efektif?

Saya sendiri memilih untuk tidak 100% bergantung kepada iklan apalagi facebook ads untuk penggalangan dana sekarang.

Tapi campaign masih tetap dijalankan meskipun dengan biaya yang sedikit.

Tujuan utamanya hanya untuk mendapatkan kontak atau database donatur yang baru, kemudian nantinya akan dikelola oleh admin dan dijadikan donatur tetap yang loyal.

Cara itu jauh lebih efektif daripada mengandalkan iklan Facebook ads.

Lalu yang terbaik untuk saya bagaimana?

Silahkan lakukan percobaan sendiri dan rasakan hasilnya supaya membuktikan kebenaran dari apa yang telah disampaikan pada halaman ini.

Karena ketik menjalankan campaign penggalangan dana online melalui iklan itu bukan hanya masalah budget saja, tapi ada bagian penting lain yang harus diperhatikan supaya bisa sukses. Misalnya:

  • Konten iklan
  • Copywriting
  • Jenis program
  • Respon admin
  • dll

Jadi jika bergantung hanya pada iklan dan mengandalkan budget saja dipastikan akan keok atau rugi bandar.

Itulah sedikit cerita untuk kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Konsultasikan semua masalah tentang digital fundraising melalui kontak 0851-7171-7174.

Jika Anda memerlukan jasa pembuatan website donasi online bisa hubungi kami segera atau klik tombol di bawah ini.

Buat Website Donasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kamu harus baca